Mempercepat Loading Iklan Blog dengan Lazy Load Adsense

Mempercepat Loading Iklan Blog dengan Lazy Load Adsense
Mempercepat loading iklan blog dengan lazy load adsense - Bagi sobat yang menggunakan blognya sebagai salah satu sumber penghasilan, pasti sudah tidak asing lagi dengan google adsense
Iyeh tau bang, capek gua denger pembukanya -_-

Itu bagi yang udah tau, bagi yang belum, aku ulangi lagi yah. Google adsense merupakan produk google yang menyediakan iklan dengan bayaran mahal dan daya tarik publisher untuk lebih mengembangkan situsnya. Meskipun tidak semuanya memiliki alasan yang sama.

Udeh tau bang -_-

Di sisi lain adsense adalah salah satu penyumbang loading terberat buat blog. Karena iklan yang ditampilkan melalui javascript adsense, akan menurunkan kecepatan loading blog kita meskipun JavaScript adsense sudah menggunakan asynchronous. 

Emang iklan adsense di blog, buat loading lambat juga yah bang?
Iyah sobat. Dikarenakan adanya kode java script dan gambar iklan yang hd, yang membuat blog kita semakin lambat. Meskipun pihak google adsense, membuat fitur mempecepat loading iklan.
Terus?

Disini aku akan memberikan contoh gambar perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan Lazy Load Adsense. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini :



Cek kecepatan loading blog menggunakan GTmetrix

Loading Blog Monita Saki Sebelum Menggunakan Lazy Load Page GTMetrix

Cek kecepatan loading blog menggunakan PageSpeed Insights Google

Loading Blog Monita Saki Sebelum Menggunakan Lazy Load Page Google Speed Insight

Pada pengecekan situs Kick Andre di GTmetrix, mendapatkan PageSpeed Score 68% dan YSlow Score 78%. Dan untuk PageSpeed Insights mendapatkan hasil 99 untuk Desktop dan 80 untuk Mobile. Kurang cepat memang. Namun setelah aku pasang kode lazy load adsense hasilnya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bisa dilihat untuk lebih jelasnya pada gambar di bawah ini :


Di cek menggunakan GTmetrix

Loading Blog Monita Saki Sesudah Menggunakan Lazy Load Page GTMetrix

Di cek menggunakan PageSpeed Insights Google

Loading Blog Monita Saki Sesudah Menggunakan Lazy Load Page Google Speed Insight
Setelah dipasang untuk PageSpeed Insights mendapatkan hasil 100 untuk Desktop dan 84 untuk Mobile. Ya, masih belum dibilang sempurna sih untuk versi mobilenya. Namun setidaknya ada peningkatan dari sebelumnya. Nah, bagi sobat yang ingin mempercepat loading iklan blognya seperti gambar diatas, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.


Mempercepat Loading Iklan Blog dengan Lazy Load Adsense

Cara kerja kode Java script ini cukup sederhana, yaitu iklan akan muncul setelah kita menggulir halaman. Jadi Java Script Adsense tidak akan muncul sebelum kita menggulir halaman situs.
Tips ini ditujukan untuk sobat yang sudah memasang adsense di blognya. Bagi yang belum, kode yang akan aku bagikan ini bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain misalnya memuat link java script eksternal.
#1. Buka Blogger.
Mempercepat Loading Iklan Blog dengan Lazy Load Adsense

#2. Klik menu Tema > Klik tombol Edit HTML. 

Mempercepat Loading Iklan Blog dengan Lazy Load Adsense

#3. Kemudian tambahkan kode di bawah ini sebelum </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Lazy Load AdSense
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);
//]]>
</script>

#4. Jika belum, pastikan untuk menghapus semua link java script adsense yang biasanya terpasang pada kode unit iklan adsense. Caranya, tekan ctrl+f di tema > cari googlesyndication.com > hapus.

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
#5. Setelah dihapus klik tombol Simpan tema dan selesai.


Mungkin sobat bertanya, apakan kode ini aman untuk adsense kita?

Jawabannya tentu saja aman. Karena google pasti akan menyarankan kita untuk mempercepat loading iklan blog kita seperti halnya memasang kode lazy load adsense ini.


Atau, apakah akan berpengaruh ke pendapatan adsense blog kita?

Untuk yang satu ini aku belum tahu, karena aku sendiri baru memasangnya tadi. Kita lihat saja prosesnya. Jika pendapatan berkurang mungkin memang bukan rezeki kita hehehe. Tapi, jika dirasa membuat blog sobat bertambah lambat atau merugikan, sobat bisa mencabut kembali kode tersebut dan mengembalikan seperti semula. 
Untuk mengecek kecepatan blog kamu dengan Google PageSpeed Insight : klik disini.

Untuk mengecek kecepatan blog kamu dengan GTMetrix : klik disini.
Intinya, prioritaskan yang menurut sobat butuhkan. Jika ingin blog lebih cepat bisa melakukan trik di atas. Namun, jika masih ragu akan pendapatan adsense yang mungkin akan berkurang, sobat tinggal urungkan niat untuk memasangnya. 

Oke, aku cukupkan untuk postingan hari ini tentang mempercepat loading blog dengan lazy load adsense, semoga artikel kali ini ada manfaatnya buat sobat semua. Terima kasih hehehe.
Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon